Distributor baja ringan murah, dan Toko Bahan Bangunan terlengkap di Cimalaka-Sumedang melayani daerah : Sumedang, Majalengka, Bandung, Tasikmalaya, Garut, Majalaya, Subang dan Sekitarnya

CARA MENGHITUNG KEBUTUHAN BAJA RINGAN

Cara menghitung biaya atap baja ringan
CARA MENGHITUNG BIAYA ATAP BAJA RINGAN
Garut (fortunejayamakmur.com) Perlu diketahui oleh siapapun yang ingin memasang atap baja ringan, agar biaya yang dikeluarkan dapat terkontrol dan terencana, di bawah ini sebuah ilustrasi cara menghitung biaya atap baja ringan. karena dengan banyaknya pekerjaan atap yang lebih memilih baja ringan maka tak jarang pemilik rumah atau proyek kebingungan dalam memperkirakan berapa total biaya yang dibutuhkan sehingga dapat menyiapkan dana dalam jumlah yang tepaet, sementara bertanya langsung kepada kontraktor baja ringan bisa jadi merupakan suatu pantangan karena mungkin ada ketakutan apabila harga borongan justru dinaikan karena dianggap tidak mengerti sehingga mudah untuk dibohongi,.
Cara menghitung biaya pasang atap baja ringan Secara umum urutan dalam menghitung biaya pekerjaan atap bisa dihitung dengan urutan sebagai berikut: 
  1. Membuat data atap yang mau dibangun, bisa dalam bentuk gambar sketsa sehingga bisa diketahui bentuk dan ukuran bidang atap yang mau dihitung. 
  2. Menghitung luas atap dalam satuan m2 bangunan, rumusnya memakai perhitungan matematika sederhana seperti luas persegi panjang, luas segitiga, luas trapesium dan bidang lain sesuai bentuk atap. 
  3. Mencari harga rangka atap baja ringan per m2, dan harga per m2 pekerjaan finishing atap diatasnya seperti genteng, asbes gelombang dan sejenisnya. 
  4. Mengalikan luas atap dengan harga per m2 baja ringan sehingga ketemu biaya total yang dibutuhkan. 
  5. Menambahkanya dengan angka kemanan atau biaya lain-lain untuk mengantisipasi biaya tak terduga saat pelaksanaan. 
Penjelasan lengkap mengenai perhitungan atap bisa dilihat pada artikel yang secara khusus membahasnya disini. Jadi berdasarkan uraian diatas maka dapat kita buat sebuah rumus sederhana dalam menghitung biaya pekerjaan atap baja ringan.
Biaya ABR = (LA x HBR) + (LA x HPA)
Catatan :  LA     =  Luas Atap
                HBR  =  Harga Baja Ringan Per M2
                HPA     =  Harga Penutup Atap Per M2

Biaya atap baja ringan = (luas atap dengan satuan m2 x harga baja ringan per m2) + (luas atap dalam satutan m2 x harga penutup atap per m2).

Contoh perhitungan biaya atap baja ringan ukuran 3,8 m X 12 m kira2 habis biayanya,
Untuk menghitung luas atap rumah tersebut kita harus tahu terlebih dahulu bagaimana bentuk model atapnya, dan karena dalam pertanyaan tersebut tidak ada penjelasan maka kita coba buat gambar atap sederhana terlebih dahulu. 

cara menghitung luas atap Luas atap = 2 x 12 m x 3 m = 72 m2 dan data-data untuk menghitung kita dapatkan sebagai berikut.

1. Harga rangka atap baja ringan per m2 = Rp.
2. Harga finishing atap genteng per m2 = Rp.
3. Luas atap dari perhitungan diatas adalah 72 m2 Biaya ABR = (LA x HBR) + (LA x HPA)

Biaya atap baja ringan = (72 m2 x Rp.150.000,00 ) + ( 72 m2 x Rp.50.000,00 )
Jadi total biaya pekerjaan atap baja ringan adalah Rp.10.800.000,00 + Rp.3.600.000,00 = Rp.14.400.000,00.

Dari biaya tersebut maka kita dapat memutuskan apakah mau menggunakan baja ringan atau tidak, beberapa pertimbangan baik buruk lainya bisa dibaca pada artikel macam-macam kekurangan dan kelebihan atap baja ringan begitulah tutorial sederhana cara menghitung biaya atap baja ringan yang dapat digunakan dalam mempersiapkan biaya bangun rumah, Bagi kontraktor menggunakan perhitungan secara detail dan teliti dengan sistem analisa harga satuan pekerjaan atap baja ringan sehingga dapat diperkirakan secara tepat dan dapat diketahui jumlah batang baja yang dibutuhkan. 
Kami siap melayani pelanggan yang berdomisili di daerah Majalengka, Sumedang, Bandung, Subang, Majalaya, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Cirebon dan sekitarnya serta beberapa kota besar di Indonesia.
Informasi Produk, Harga dan Konsultasi gratis dapat menghubungi :

TOKO BAJA FORTUNE JAYA MAKMUR
Jln. Tanjung Kerta Rt.001/03
Desa Citimun – Cimalaka
Sumedang

Sumedang dan sekitarnya
DAYAT RUHIYAT :0821-1119-5773
YANTI :0813-1417-9056
Tangerang dan sekitarnya
BANDI  :0813-1144-7763
Previous
Next Post »