Distributor baja ringan murah, dan Toko Bahan Bangunan terlengkap di Cimalaka-Sumedang melayani daerah : Sumedang, Majalengka, Bandung, Tasikmalaya, Garut, Majalaya, Subang dan Sekitarnya

INSIDEN DAN KENDALA YANG SERING DIALAMI OLEH APLIKATOR

Tasikmalaya - Dalam dunia baja ringan para pekerja pemasangan baja ringan sering disebut aplikator. pada pekerjaan pemasangan konstruksi baja ringan tersebut tidak terlepas dari resiko kerja yang berbahaya, bahaya yang ditimbulkan tentunya apabila pekerjaan dikerjakan tidak benar baik secara teori maupun pelaksanannya, maka dari itu disarankan selalu menerapkan cara kerja yang lazim di lakukan dalam proses pengerjaan tersebut, untuk menghindari tingkat bahaya tinggi. perlu diperhatikan mulai dari perencanaan, system kerja, konstruksi yang diharapkan sampai dengan penggunaan peralatan keselamatan kerja.

Peralatan keselamatan kerja yang seharusnya digunakan dalam pelaksanaan pemasangan baja ringan diantarannya: sepatu, sarung tangan, sabuk pengaman dan helm pelindung kepala. biasanya para pekerja yang tidak terbiasa menggunakan keselamatan kerja akan merasa risih atau terganggu tetapi mengingat resiko bahaya tentunya hal itu tidak dapat di anggap enteng dan harus dipatuhi agar mengurangi resiko kecelakaan dan keselamatan kerja.

Kendala atau kesulitan yang sering dialami oleh pelaksana di lapangan, tidak terlepas dari kendala non teknis dan teknis. Kendala non teknis yang sering terjadi diantaranya: lokasi yang susah air, lokasi yang susah listrik, lokasi yang tidak aman, prasarana kerja yang kurang memadai, sempitnya ruang kerja dll, lokasi tidak aman disini dapat di gambarkan adanya bekas oli atau minyak yang tercecer sehingga lokasi kerja menjadi licin,  
Kendala teknis yang terjadi pada pelaksanaan pemasangan baja ringan di lapangan dapat menimbulkan insiden atau hal-hal tidak diinginkan diantaranya :
  •  TERSENGAT LISTRIK
Tidak sedikit pekerja jatuh dari atap saat pemasangan atap genteng karena tersengat listrik, untuk itu pengelola atau Jasa Penyediaan dan Pemasangan selalu mengingatkan kepada para pekerjanya untuk selalu mengenakan, memperhatikan keselamatan kerja, terutama peralatan yang menggunakan aliran listrik seperti mesin bor tangan.  
Ada banyak kecelakaan kerja saat pemasangan atap baja ringan, bahkan diantaranya sampai ada yang meninggal dunia karena tersengat listik, baja ringan adalah material penghantar listrik yang baik, oleh karena itu perlu diperhatikan jangan sampai ada kabel listrik yang terkelupas,

  • JATUH DARI ATAP
Insiden kecelakaan jatuh dari atap saat pemasangan atap baja ringan cukup banyak. lebih banyak dari tersengat listrik, karna memang bekerja diatas ketinggian resiko utamanya adalah jatuh, hal tersebut sebagian besar karena tidak memakai peralatan keselamat kerja dengan baik seperti sabuk pengaman. Para pekerja sering mengalami jatuh dari atap mengalami cedera terkilir sampai patah tulang,

  • KULIT SOBEK ATAU LECET
Insiden luka kecil sampai besar paling banyak dialami para pekerja, dikarenakan terkena bagian pinggir baja ringan maupun reng yang begitu tajam. Hal tersebut dikarenakan kurang hati-hati dan tidak mengenakan peralatan keselamatan seperti sarung tangan kulit, tidak jarang pula luka di bagian kepala apabila tidak mengenakan helem atau pelindung kepala.

  • TERSAMBAR PETIR
Insiden factor alam seperti tersambar petir walaupun jarang terjadi namun pernah terjadi pada saat pemasangan atap baja ringan mengalami kecelakaan tersambar petir. Biasanya petir akan menyambar bangunan atau gedung yang lebih tinggi dari keadaan disekelilingnya, tapi perlu diingat ternyata kecelakaan tersambar petir tersebut itu memakai baja ringan. Rangka atap baja ringan tersebut yang mempengaruhi arah sambaran petir karena
petir adalah perpindahan electron secara besar atau arus listrik yang besar sekali, dilihat dari sifat kelistrikan adalah:
  • Mudah mengalir pada bahan conductor.
  • Mengalir pada permukaan benda.
  • Electron berkumpul pada ujung yg runcing.
  • Mengalir dari potential tinggi kepotential renda. 
  • KESELAMATAN KERJA
Perusahaan jasa penyediaan dan pemasangan baja ringan agar lebih memperhatikan tidak hanya kesejahteraan para pekerja namun harus lebih memperhatikan peralatan prasarana kerja yang memadai, karena resiko pekerjaan yang dikerjakan penuh dengan resiko berbahaya bahkan nyawa sebagai taruhannya.

Dari sekian banyak contoh insiden yang terjadi dilapangan dapat dihindari atau dikurangi apabila baik pemilik perusahaan maupun para pekerja sadar akan pentingnya keselamatan kerja, dan saling mengingatkan sesama pekerja agar berhati-hati dan selalu berdoa dalam bekerja agar aman keselamatan diri dan hasil pekerjaan.
Demikin tulisan ini dibuat semoga bermanfaat apabila ada yang ingin menambahkan atau mengkoreksi silahkan tulis dikolom komentar dibawah untuk anda yang ingin mengetahui artikel mengenai harga pasang baja ringan silahkan KLIK DISINI..
Previous
Next Post »