Distributor baja ringan murah, dan Toko Bahan Bangunan terlengkap di Cimalaka-Sumedang melayani daerah : Sumedang, Majalengka, Bandung, Tasikmalaya, Garut, Majalaya, Subang dan Sekitarnya

Bebarapa keunggulan baja ringan dibandingkan dengan kayu

harga baja ringan lebih murah dibanding dengan kayu
Pemasangan baja ringan
Artikel ini akan membahas tentang keunggulan baja ringan dibandingkan dengan kayu. Konstruksi rangka raja ringan pada saat ini merupakan produk yang sangat yang sangat tepat sekali dan membantu dalam membuat Rangka Atap Rumah atau bangunan, baja ringan sebagai pengganti kayu yang keberadaan semakin sulit didapatkan dengan kualitas baik. Dengan adanya teknologi baru ini dalam mengerjakan Atap Rumah dari bangunan perumahan dan konstruksi relatih dapat lebih cepat ,rapih dan murah.


Sebelum adanya teknologi rangka baja ringan ini, rangka atap rumah atau bangunan biasanya dibuat dengan menggunakan bahan kayu, kayu yang akan digunakan tentunya dipilih yang berkualitas baik, keras dan relatif tahan terhadap usia, seiring dengan berjalannya waktu dan kemajuan jaman kayu tersebut juga harus diproes dengan bahan khusus (anti rayap), agar kayu tidak gampang dimakan jamur dan rayap yang dapat merusak kekuatan kayu atau kropos secara perlahan.

Kayu
Kayu adalah bagian batang atau ranting yang keras, kayu digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari memasak, membuat perabot (meja, kursi), bahan bangunan (pintu, jendela, rangka atap), bahan kertas, dan banyak lagi. Kayu juga dapat dimanfaatkan sebagai hiasan-hiasan rumah tangga dan sebagainya.
Kebutuhan kayu saat ini semakin besar terutama untuk bahan kertas, akibat pembalakan liar dari orang yang tidak bertanggung jawab semakin membuat kelanggkaan kayu, berjuta pohon setiap tahun harus di tebang sedangkan penanaman kembali untuk pohon kayu siap potong minimal 4 tahun untuk jenis kayu albasia dan kayu jabon ukuran yang kecil.

Saat ini makin sulitnya untuk mendapatkan kayu yang berkualitas baik seperti penjelasan diatas kalau pun ada harganya akan mahal, kayu yang beredar dipasaran relatif kayu muda dan tanpa proses pengolahan yang baiknya, sehingga pemakaian kayu dalam beberapa tahun saja kayu tersebut akan menyusut dan melengkung bahkan akan di makan rayap. maka kayu semakin di tinggalkan dan beralih ke rangka baja ringan, Pada prinsipnya dengan adanya rangka baja ringan tentunya dapat menggantikan peran Kayu Kaso dan Kayu Reng untuk Konstruksi atap rumah dan bangunan.

Baja Ringan
Bahan dasar baja ringan adalah besi (Fe) dengan tambahan elemen-elemen yang prosentase maksimum 1.70% Carbon, 1.65% Manganese, 0.60% Silicon,
0.60% Copper. pada dasarnya besi (Fe) dengan tambahan unsur Karbon, sebagaimana kita ketahui Karbon atau zat arang merupakan unsur kimia yang mempunyai simbol (C) dengan nomor atom 6, tingkat oksidasi 4.2 dan Mangan adalah unsur kimia yang memilliki lambang (Mn) dengan nomor atom 25, tingkat oksidasi 7.6423. Carbon dan Manganese adalah bahan pokok untuk meninggikan tegangan tarik dari baja murni. Dengan penambahan prosentase carbon dimaksudkan untuk menaikan tegangan tekan tetapi mengurangi daktilitas.

Kenapa orang beralih ke rangka baja ringan? karena konstruksi baja ringan memiliki keunggulan dibandingkan dengan rangka kayu, adapun keunggulan rangka baja ringan antara lain :
1. Pemasangannya lebih cepat, karena cara kerjanya relatif lebih mudah,
2. Konstruksi baja ringan dibandingkan dengan Konstruksi kayu. sehingga beban atap lebih ringan untuk atap rumah atau bangunan,
3. Konstruksi Baja Ringan anti terhadap rayap sehingga lebih tahan lama dibandingkan dengan kayu.
4. Lebih ekonomis karena harga baja ringan relatif lebih murah dibandingkan dengan kayu.
5, Hasil pekerjaan baja ringan lebih rapih dibandingkan dengan kayu karena dimensi baja ringan lurus dan presisi dengan panjang 6 meter. 

Rangka baja ringan yang beredar di Indonesia di produksi dengan menggunakan bahan dasar baja dengan kekuatan G-550 Mpa, sesuai standar AISI (American Iron and Steell Institute). Adapun pelapis (coating) baja ringan dari karat yang beredar adalah zinc/galvanis, zincalume, dan zincalume dengan penambahan magnesium. lapisan (coating) ini melindungi bahan dasar baja ringan dari karat.

Previous
Next Post »