Distributor baja ringan murah, dan Toko Bahan Bangunan terlengkap di Cimalaka-Sumedang melayani daerah : Sumedang, Majalengka, Bandung, Tasikmalaya, Garut, Majalaya, Subang dan Sekitarnya

Bentuk Profil Material Baja Ringan

Sebelum kita menggunakan atau mengaplikasikan material baja ringan, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu bentuk profil material baja ringan ini, pada posting ini saya singgung soal PROFIL MATERIAL BAJA RINGAN. Material atau bahan pada konstruksi baja ringan mempunyai banyak bentuk atau profil. Yang umum dan sering digunakan adalah baja ringan profil “Canal” atau “C” sebagian orang menyebutnya CNP bentuk ini dapat dipergunakan sebagai penyusun konstruksi baja ringan.

Profil Canal C merupakan profil tertua pada material batang baja, penampang profil ini juga sudah digunakan pada baja konvensional jauh sebelulm istilah baja ringan hadir yang hingga saat ini masih dipakai, oleh karenanya banyak orang menyebut profil C baja ringan dengan sebutan CNP mengikuti sebutan baja konvensional profil C. sampai saat ini belum ada produk baja ringan dengan profil UNP dan INP, nama itu hanya ada di produksi baja konvensional Gambar di bawah ini menunjukkan profil baja ringan berpenampang C single.

Pada profil C kelebihan utamanya adalah pada saat digabungkan, dua profil C yang saling berhadapan disatukan menjadi “box” atau “kotak”. gambar di bawah ini menunjukkan gambar profil C yang digabungkan menjadi satu, sehingga membentuk box/kotak. Profil Canal “C” digunakan sebagai rangka utama pada konstruksi kuda-kuda baja ringan


Sementara untuk konstruksi pendukung seperti profil "reng" sebagai tempat kedudukan penutup atap/genteng digunakanlah profil “Omega”, terkait dimensi ukuran seperti tebal baja ringan yang lazim digunakan pada konstruksi baja ringan ini umumnya memiliki ketebalan 0.75mm hingga 1.00 mm pada batang utama kuda-kuda konstruksi. Sedang pada batten/reng ketebalan yang digunakan mulai 0.40mm hingga 0.60mm.

Untuk ukuran tinggi profil juga bervariasi mulai dari 70mm hingga 100mm, dan pada batten/reng tinggi mulai 31mm hingga 60mm. Variasi ukuran ini ditujukan menyesuaikan dengan kebutuhan lebar bentang rangka yang berhubungan dengan beban/kekuatan yang disokongnya. Profil "reng" dalam dunia konstruksi disebut juga dengan "batten", dimana nantinya genteng akan ditempatkan di atasnya, batten/reng ini juga akan dipergunakan sebagai ikatan angin (windbrace/crossbrace), dan batang pengaku lainnya. Material pertama penerima beban atap adalah "Batten" atau sering sebut "reng" maka makin besar dimensi rengnya maka bisa smakin besar jarak kuda-kuda nya begitupun sebaliknya, makin kecil dimensi reng-nya maka semakin rapat pula jarak kuda-kudanya. 

Demikian ulasan tentang bentuk atau profil material baja ringan cara memasang baja ringan, untuk artikel tentang harga baja ringan per meter ada dapat melihat halaman daftar harga baja ringan terpasang, semoga tulisan ini dapat bermanfaat sebagai pengetahuan tambahan dalam dunia konstruksi baja ringan admin adalah pemilik perusahaan jasa penyediaan dan pemasangan baja ringan, apabila ada yang ingin menambahkan atau sekedar konsultasi silahkan menghubungi 0821-1119-5773 atau 0813-1417-9056, dan terimakasih untuk anda yang telah memberikan kesan dan pesan di kolom komentar di bawah ini.
Newest
Previous
Next Post »